Analisis Hubungan Profesionalisme Apoteker dengan Praktek Asuhan Kefarmasian: Studi pada Kasus Terapi Diabetes di Apotek Wilayah Kabupaten Sidoarjo

  • SUHARTONO SUHARTONO UNIVERSITAS AIRLANGGA
  • UMI ATHIYAH UNIVERSITAS AIRLANGGA
  • WAHYU UTAMI UNIVERSITAS AIRLANGGA

Abstract

Profesionalisme adalah perilaku aktif seseorang dalam mendemonstrasikan ciri-ciri profesional. Seorang yang profesional adalah seorang yang menunjukkan ciri-ciri, diantaranya pengetahuan, keterampilan dan perilaku profesi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui hubungan profesionalisme apoteker dengan praktik asuhan kefarmasian. Desain penelitian observasional yang bersifat cross sectional, dilakukan pada 78 apoteker di Apotek Kabupaten Sidoarjo. Diharapkan penelitian ini dapat digunakan sebagai sumbangan pemikiran dalam menyelesaikan permasalahan praktik dalam meningkatkan kualitas asuhan kefarmasian serta memberikan masukan bagi perkembangan ilmu pengetahuan terkait peningkatan profesionalisme dan implementasi praktik asuhan kefarmasian. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara profesionalisme apoteker dan praktik asuhan kefarmasian dengan nilai p = 0,000 dan tingkat hubungan (correlation coefficient) kuat r = 0,527. Dalam proses praktik asuhan kefarmasian yang dimulai dari tahap penerimaan resep, penyiapan obat dan penyerahan obat didapatkan nilai korelasi tertinggi pada tahap penyerahan obat dengan nilai p = 0,000 dengan tingkat hubungan (correlation coefficient) moderat r = 0,499.

Published
2017-09-23
How to Cite
SUHARTONO, SUHARTONO; ATHIYAH, UMI; UTAMI, WAHYU. Analisis Hubungan Profesionalisme Apoteker dengan Praktek Asuhan Kefarmasian: Studi pada Kasus Terapi Diabetes di Apotek Wilayah Kabupaten Sidoarjo. JURNAL ILMU KEFARMASIAN INDONESIA, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 166-173, sep. 2017. ISSN 1693-1831. Available at: <http://jurnalfarmasi.or.id/index.php/jifi/article/view/77>. Date accessed: 25 feb. 2018.
Section
Articles