Isolasi Lutein dari Bunga Kenikir (Tagetes erecta L.) dan Identifikasi Menggunakan Fourier Transformed Infra Red dan Kromatografi Cair Spektrometri Massa

  • KUSMIATI KUSMIATI LIPI
  • SWASONO R TAMAT UNIVERSITAS PANCASILA
  • TRIA AJENG ILMIARTI UNIVERSITAS PANCASILA

Abstract

Lutein merupakan karotenoid golongan xantofil yang digunakan untuk pewarna alami dan bersifat antioksidan yang mampu mencegah berbagai penyakit termasuk kanker. Senyawa ini ditemukan dalam jumlah besar pada bunga kenikir (Tagetes erecta L.). Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi dan mengidentifikasi lutein dari bunga kenikir jenis lokal. Serbuk kering bunga kenikir dimaserasi dengan n-heksan, kemudian maserat didigesti dengan isopropanol dan disaponifikasi menggunakan larutan NaOH 50% hingga terbentuk semisolid. Selanjutnya, dilarutkan dengan air hingga terbentuk endapan halus dan disentrifus. Residu yang dihasilkan difraksinasi dengan kromatografi kolom silika gel dengan fase gerak n-heksan-kloroform-aseton (6:2:2) secara isokratik menghasilkan fraksi 3 dan 4 yang mempunyai nilai Rf pada KLT mirip dengan lutein BP (0,39-0,40). Identifikasi dengan spektrofotometri cahaya tampak menunjukkan panjang gelombang serapan maksimum pada 447 nm, dengan spektrofotometri FT-IR menunjukkan adanya gugus fungsi C–H tekuk, C–H ulur, C = C, serta –OH. Analisis KCKT dengan kolom C18 dan eluen metanol-diklorometan-asetonitril (67,5 : 22,5 : 10 v/v) menunjukkan waktu retensi sama dengan lutein BP (3,48-3,53 menit), dan analisis KG-SM menunjukkan berat molekul 568 serta fragmentasi sama dengan lutein BP. Penelitian menyimpulkan bahwa lutein dapat diisolasi dari bunga kenikir dengan rendemen sebesar 5,26% dan lutein kasar sebanyak 32,23%.

Published
2017-09-23
How to Cite
KUSMIATI, KUSMIATI; TAMAT, SWASONO R; ILMIARTI, TRIA AJENG. Isolasi Lutein dari Bunga Kenikir (Tagetes erecta L.) dan Identifikasi Menggunakan Fourier Transformed Infra Red dan Kromatografi Cair Spektrometri Massa. JURNAL ILMU KEFARMASIAN INDONESIA, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 123-130, sep. 2017. ISSN 1693-1831. Available at: <http://jurnalfarmasi.or.id/index.php/jifi/article/view/64>. Date accessed: 25 feb. 2018.
Section
Articles