Publication Ethics

PENGANTAR
"JURNAL ABDIMAS BERKEMAJUAN" yang dikelola oleh Organisasi APDFI dalam mengembangkan jurnal ilmiah ilmiah peer-review sebagai kontribusi terhadap pengetahuan ilmu terkait pengabdian masyarakat. Semua hal yang berkaitan dengan farmasi untuk Peningkatan penelitian di bidang ilmu pasti. Semua naskah yang diterbitkan akan ditinjau oleh panitia yang terdiri dari para ahli terkait, oleh karena itu, makalah yang diterbitkan sesuai dengan standar editorial. Pernyataan etika penerbitan diterbitkan untuk menggambarkan perilaku dan sikap yang diharapkan dari peer review, editor, dan penulis.


"JURNAL ABDIMAS BERKEMANJUAN" adalah media komunikasi antara organisasi dan peer review, oleh karena itu, penerbit memiliki tanggung jawab untuk menjaga validitas dan kemandirian publikasi yang diterbitkan dalam penelitian, tinjauan literatur, dan studi kasus. keputusan penerbitan murni ditentukan oleh kualitas skrip dan tidak terpengaruh oleh sponsor atau advertorial. Metode buta diterapkan dalam proses peninjauan untuk meminimalkan bias dan subjektivitas.

TIM PENINJAU (TIM REVIEW)
Peer review harus memberikan rekomendasi untuk membantu penulis untuk kualitas naskah yang diterbitkan dan editor untuk menentukan kebijakan editorial sesuai dengan keahliannya.

1. Kesediaan
Tinjauan sejawat harus memberikan informasi kepada editor tentang kesediaan mereka meninjau naskah yang akan diterbitkan. Sedangkan peer review tidak mau, dia harus memberi tahu editor. Tinjauan sejawat harus memberikan informasi kepada editor tentang kesediaannya

2. Kerahasiaan
Naskah yang ditinjau adalah dokumen rahasia. Dilarang berkomunikasi dengan pihak lain tanpa persetujuan penulis.

3. Standar Objektivitas
Peer review harus mengikuti prinsip objektivitas dan menghindari kritik pribadi pada penulis dalam pemrosesan review naskah. Semua komentar harus menyertakan saran yang jelas dan membangun.

4. Kejelasan Sumber
Tinjauan sejawat direkomendasikan untuk memberikan informasi kepada penulis penelitian, tinjauan literatur, atau studi kasus yang relevan tanpa kutipan, mengandung kesamaan substansial atau tumpang tindih dengan naskah yang ditinjau.

5. Pengungkapan dan Konflik Kepentingan
Tinjauan sejawat tidak diperbolehkan menggunakan bahan naskah yang tidak diterbitkan untuk kepentingan pribadi tanpa persetujuan tertulis dari penulis. Informasi dan gagasan tertulis dalam naskah yang diulas adalah rahasia dan dilarang untuk disebarluaskan dan digunakan untuk kepentingan pribadi. Sedangkan ada konflik kepentingan karena alasan persaingan, kolaborasi, atau hubungan lainnya dengan penulis, lembaga, atau perusahaan yang terlibat dalam penerbitan, peer review tidak diperbolehkan untuk mengevaluasi naskah terkait.

EDITOR
1. Keputusan publikasi
Editor jurnal yang ditinjau sejawat bertanggung jawab untuk memutuskan mana dari artikel yang diserahkan ke jurnal yang harus diterbitkan, sering kali bekerja bersama dengan masyarakat terkait (untuk jurnal yang dimiliki atau disponsori oleh masyarakat). Validasi karya yang dipertanyakan dan pentingnya bagi peneliti dan pembaca harus selalu mendorong keputusan tersebut. Editor dapat dipandu oleh kebijakan dewan editorial jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang akan berlaku terkait pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Editor dapat berunding dengan editor atau pengulas lain (atau petugas masyarakat) dalam membuat keputusan ini.

2. Bermain adil
Editor harus mengevaluasi naskah untuk konten intelektual mereka tanpa memperhatikan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, kepercayaan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik dari penulis.

3. Kerahasiaan
Editor dan staf editorial mana pun tidak boleh mengungkapkan informasi apa pun tentang naskah yang dikirimkan kepada siapa pun selain dari penulis yang bersangkutan, pengulas, calon pengulas, penasihat editorial lain, dan penerbit, yang sesuai.

4. Pengungkapan dan konflik kepentingan
Materi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam naskah yang dikirimkan tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.


Informasi atau ide istimewa yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi


Editor harus mengundurkan diri (mis. Harus meminta co-editor, associate editor atau anggota lain dari dewan editorial untuk meninjau dan mempertimbangkan) dari mempertimbangkan manuskrip di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang disebabkan oleh persaingan, kolaborasi, atau hubungan atau hubungan lain dengan salah satu penulis, perusahaan, atau (mungkin) institusi yang terhubung ke surat kabar.

Redaksi harus meminta semua kontributor untuk mengungkapkan minat bersaing yang relevan dan menerbitkan koreksi jika minat bersaing diungkapkan setelah publikasi. Jika perlu, tindakan lain yang sesuai harus diambil, seperti publikasi pencabutan atau pengungkapan keprihatinan.

Harus dipastikan bahwa proses peer-review untuk suplemen yang disponsori sama dengan yang digunakan untuk jurnal utama. Barang-barang dalam suplemen yang disponsori harus diterima semata-mata berdasarkan prestasi akademis dan minat pembaca dan tidak dipengaruhi oleh pertimbangan komersial.

Bagian jurnal yang tidak ditinjau oleh sejawat harus diidentifikasi dengan jelas

5. Keterlibatan dan kerja sama dalam investigasi
Seorang editor harus mengambil langkah-langkah yang cukup responsif ketika keluhan etis telah disampaikan mengenai naskah yang dikirimkan atau makalah yang diterbitkan, bersama dengan penerbit (atau masyarakat). Langkah-langkah tersebut umumnya akan termasuk menghubungi penulis naskah atau makalah dan memberikan pertimbangan yang sesuai atas masing-masing pengaduan atau klaim yang dibuat, tetapi juga dapat mencakup komunikasi lebih lanjut dengan lembaga dan badan penelitian terkait, dan jika pengaduan tersebut ditegakkan, publikasi dari koreksi, pencabutan, pengungkapan keprihatinan, atau catatan lain, yang mungkin relevan. Setiap tindakan perilaku penerbitan yang tidak etis yang dilaporkan harus dilihat, meskipun ditemukan bertahun-tahun setelah publikasi.

PENULIS
1. Standar pelaporan
Menyajikan data yang akurat (menggunakan protokol / prosedur terkontrol dan spesifik), dapat dipercaya, diulang, tepat, dan divalidasi.
Menyajikan rincian dan referensi yang tepat untuk memfasilitasi pihak lain dalam mengulangi penelitian atau mempertahankan tahapan dalam naskah.
Membedakan pendapat pribadi dan pernyataan ilmiah yang akurat dan objektif dari sumber literatur.

2. Keaslian dan Plagiarisme
Naskah harus berisi penelitian atau pemeliharaan asli. Kutipan atau adaptasi yang diterbitkan dari penulis dan penelitian atau pemeliharaan harus dinyatakan dengan jelas. Semua bentuk plagiarisme dilarang.

3. Berganda, Pengulangan, atau Publikasi Simultan
Dilarang memperbanyak, pengulangan, atau publikasi simultan di media publikasi lainnya. Naskah dengan informasi serupa tidak dapat diserahkan atau dipublikasikan pada majalah ilmiah lain.

4. Pengakuan Sumber
Pengakuan yang benar atas karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang berpengaruh dalam menentukan sifat dari karya yang dilaporkan. Informasi yang diperoleh secara pribadi, seperti dalam percakapan, korespondensi, atau diskusi dengan pihak ketiga, tidak boleh digunakan atau dilaporkan tanpa izin tertulis eksplisit dari sumbernya. Informasi yang diperoleh dalam perjalanan layanan rahasia, seperti manuskrip referensi atau aplikasi hibah, tidak boleh digunakan tanpa izin tertulis dari penulis karya yang terlibat dalam layanan ini

5. Perjanjian Penulisan Naskah
Penulis utama dan semua penulis bersama harus menyetujui versi akhir naskah dan menandatangani formulir penyerahan majalah ilmiah yang disediakan.

6. Bahaya dan Subjek Manusia atau Hewan
Alat-alat dan hal-hal yang berbahaya harus ditulis dengan jelas dalam naskah. Semua prosedur yang berkaitan dengan manusia dan hewan harus disetujui oleh komite kelembagaan terkait, dan perjanjian tersebut harus dinyatakan dalam naskah. Hak asasi manusia adalah masalah yang penting dan harus dipahami oleh penulis. Penulis harus mengklarifikasi perjanjian tindakan dan pernyataan penerimaan informasi dari setiap manusia yang terlibat.

7. Konflik Kepentingan
Indikasi konflik kepentingan harus dinyatakan sedini mungkin. Semua dukungan dalam keuangan, hubungan kerja, konsultasi, kepemilikan sumber daya, pernyataan ahli yang dibayar, pendaftaran / permohonan paten, hibah atau skema pendanaan lainnya harus dinyatakan dengan jelas.

8. Kesalahan Fatal Naskah yang Diterbitkan
Tindakan penulis dalam menemukan kesalahan fatal manuskrip yang diterbitkan:

Segera menghubungi editor penerbit.
Segera tarik atau koreksi naskah.